Tips Memilih Franchise Busana Muslim

Franchise atau di Indonesia menyebutnya dengan waralaba merupakan salah satu jenis bisnis yang melibatkan dua pihak yakni franchisor dan franchisee atau pemberi dan penerima waralaba. Pemberi waralaba adalah pihak yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap apa yang diperlukan oleh penerima waralaba. Sedangkan penerima waralaba mempunyai kewajiban untuk menjaga nama baik produk dan kualitas produk tersebut. Banyak orang yang berminat untuk menjalankan bisnis semacam ini terutama bagi kalangan yang tidak ingin ribet melakukan persiapan bisnis. Franchise sendiri bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang mudah dan cukup menguntungkan. Jenis bisnis ini cukup banyak meliputi franchise kuliner, kursus, mini market, fashion, bahkan rumah makan. Sekarang ini franchise yang sudah mulai banyak diminati salah satunya adalah franchise busana muslim. Sebagai tambahan informasi, berikut adalah beberapa tips memilih franchise di bidang busana muslim.

Tips Memilih Franchise Busana MuslimBeberapa Tips Memilih Franchise Busana Muslim

Sebelum menentukan franchise, lebih baik jika Anda mempelajari beberapa hal penting mengenai cara memilih franchise busana muslim. Secara garis besar hal yang perlu diperhatikan adalah kemampuan diri sendiri, kualitas pihak yang akan dijadikan franchisor, dan seberapa besar pasar yang dapat Anda masuki. Lebih jelasnya berikut adalah tips memilih franchise untuk busana muslim.

1.    Melihat kemampuan diri
Dalam melakukan bisnis alangkah lebih baik jika disesuaikan dengan kemampuan dan kekuatan yang Anda miliki sebagai modal awal. Hal yang paling mendasar adalah melihat passion Anda sendiri kemudian sesuaikan dengan franchise yang dipilih. Dengan passion Anda akan lebih nyaman dan bisa menikmati bisnis yang dijalankan. Selain passion hal yang penting lainnya adalah modal uang yang Anda miliki. Hitung berapa besar modal yang ada dan pertimbangkan franchise apa yang sesuai dan pas dengan modal tersebut. Modal bisa berasal dari tabungan Anda sendiri maupun dengan mendapat dari pinjaman pihak lain.

2.    Mengetahui kualitas dan kredibilitas franchisor
Sebelum memilih franchisor busana muslim disarankan untuk Anda terlebih dahulu mencari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai kualitas produk atau pun badan usahanya. Begitu banyaknya perusahaan franchise baik yang milik orang lokal ataupun orang asing, yang terpenting adalah memilih franchise yang legal secara hukum atau mempunyai izin dan tidak melanggar peraturan hukum. Apalagi jika yang Anda bisniskan adalah busana muslim, Anda harus memastikan produk tersebut aman dan sesuai dengan syariat islam baik bahan-bahannya atau pun proses pembuatannya. Sebagai bentuk ke hati-hatian Anda juga harus mempelajari aturan bisnis franchisor, pastikan peraturan pembagian laba tidak melanggar kaidah islam.

Tips Memilih Franchise Busana Muslim3.    Menguasai kondisi pasar
Hal yang paling penting dalam bisnis terutama barang adalah pasar atau target  dan cara pemasarannya. Anda harus mempelajari pasar mana yang bisa menjadi tempat untuk memasarkan atau menjual busana muslim Anda.  Mencari tahu pasar mana yang cocok dengan harga dari produk yang menjadi bisnis. Jika diperlukan Anda bisa melakukan pengamatan terlebih dahulu ke beberapa pasar, tingkat daya beli pasar tersebut dengan jenis busana muslim dan harga busana muslim yang Anda pasarkan.

Itulah beberapa hal penting tentang tips bagaimana memilih franchise busana muslim yang bisa menjadi tambahan informasi. Dalam bisnis target utama adalah keuntungan, namun jangan sampai Anda melupakan aturan dagang yang ada dalam syariat islam. Terlebih lagi yang Anda jual adalah produk busana muslim yang sasarannya tentu saja umat muslim. Hal penting yang mempengaruhi bisnis franchise busana muslim adalah kreativitas pemasaran yang Anda lakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *