Tips Agar Membuat Pembantu Betah dan Lama Kerja di Rumah

Saat pasangan istri-suami sibuk bekerja sering kali mereka menitipkan anaknya kepada mertua untuk dirawat sementara waktu. Pekerjaan rumah yang ada pun terkadang ikut terbengkalai karena rutinitas pekerjaan yang mereka lakukan. Tidak jarang pula ditemukan beberapa keluarga yang menyewa pembantu untuk merawat rumah dan anaknya disaat pasangan tersebut sibuk. Namun, sulit sekali menemukan pembantu yang pas. Ketika ada pembantu yang cocok, mereka malah tidak betah bekerja di rumah karena beberapa alasan yang mungkin tidak Anda sadari. Untuk itu, berikut akan membahas beberapa tips membuat pembantu betah bekerja di rumah Anda yang bisa disimak dibawah ini.Tips Agar Membuat Pembantu Betah dan Lama Kerja di RumahTips Agar Membuat Pembantu Betah dan Lama Kerja di Rumah

Beberapa Tips Agar Membuat Pembantu Betah dan Lama Kerja di Rumah

Jika Anda pernah mempunyai pembantu rumah tangga dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan sebaiknya pertahankan dia dengan berbagai tips yang akan disebutkan dibawah ini. Karena sangat sulit menemukan pengganti seperti dirinya. Namun, apabila pembantu Anda sudah terlanjur pergi dari rumah, sebaiknya Anda juga melakukan introspeksi diri sebelum merekrut seseorang kembali agar kejadian sebelumnya tidak terulang. Berikut tips yang bisa Anda simak agar pembantu betah kerja di tempat Anda.

1. Berikan Gaji dan Fasilitas yang Layak
Memberikan pembantu gaji yang sesuai dengan pekerjaannya akan membuat ia merasa dihargai. Jika perlu, Anda bisa menaikkan gajinya dari tahun ke tahun ataupun memberikannya penghargaan atas kerja keras yang sudah ia lakukan. Meskipun kenaikan gaji yang Anda berikan tidak terlalu banyak, akan tetapi mereka akan merasa bahwa Anda perhatian kepadanya dan Anda senang atas keberadaannya di rumah Anda. Dengan begitu, ia akan lebih bersemangat untuk bekerja dan betah bekerja di rumah Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan beberapa fasilitas yang layak untuk pembantu Anda. Misalnya menyediakan kamar tidur yang layak dengan peralatan memadai yang akan membuatnya nyaman bekerja di rumah Anda. Kebanyakan orang mungkin tidak terlalu mementingkan kamar tidur seperti apa yang akan ditinggali pembantunya dan hanya memberikan seadanya, asalkan bisa digunakan untuk tidur. Hal ini harus Anda hindari karena akan membuat pembantu Anda tidak nyaman dan ingin cepat berhenti bekerja dari rumah Anda.

2. Tidak Memandang Rendah Pembantu Anda
Seseorang yang bekerja sebagai pembantu tidak bisa Anda suruh-suruh dengan seenaknya apalagi dengan perlakuan yang tidak manusiawi. ¬¬Pembantu juga seorang manusia yang mempunyai hati dan nurani. Tanpa adanya pembantu pekerjaan rumah Anda mungkin akan kacau balau. Oleh karena itu, Anda sebagai tuan rumah juga harus bersikap sopan, menghargainya, dan tidak memandang rendah status pekerjaannya agar pembantu Anda betah bekerja di rumah. Misalnya dengan berkata “tolong” jika ingin menyuruhnya dan tidak dengan nada bicara yang tinggi. Selain itu, perhatikan pula perilaku anak kepada pembantu Anda agar tidak bertingkah yang tidak-tidak. Mengajarkan anak Anda sopan santun juga bisa membuat anak Anda mempunyai perilaku yang baik terhadap siapapun.

3. Berikan Ia Perhatian Kecil
Seorang pembantu juga membutuhkan perhatian dari orang lain, termasuk dari majikannya. Apabila Anda bersedia memberikan perhatian-perhatian kecil untuknya, mungkin akan membuat dia merasa seperti berada di rumahnya sendiri. Perhatian yang bisa Anda berikan yaitu seperti menanyakan kesehatannya, menanyakan perasaannya tentang bekerja di tempat Anda, ataupun memperhatikan penampilannya.

Demikianlah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar pembantu Anda betah dan lama bekerja di rumah Anda. Semoga tips yang telah dijelaskan diatas dapat bermanfaat dan membantu Anda mempertahankan pembantu Anda untuk tetap tinggal dan bekerja di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *