Tips Agar Anak Cepat Bisa Berbicara

Komunikasi menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh anak. Dari kecil anak harus diajarkan untuk bisa berkomunikasi agar kosa kotanya semakin bertambah banyak dan tentunya memperkuat daya ingatnya. Di usia 12 hingga 18 bulan, umumnya bayi sudah memasuki tahap true speech. Tahap ini merupakan tahap dimana si bayi sudah bisa berbicara namun belum begitu jelas. Kosakata yang diucapkan oleh si bayi juga berasal dari ucapan orang tuanya yang sering di dengar oleh bayi. Untuk bisa melancarkan bicara anak tentunya tidak lepas dari peran orang tua. Lalu kira-kira bagaimana cara agar anak bisa cepat bicara? Mari kita simak tips dibawah ini.Tips Agar Anak Cepat Bisa Berbicara

Inilah 5 Tips Agar Anak Bisa Cepat Bicara

1. Rajin Mengajak Anak Berkomunikasi
Salah satu tips paling penting agar anak bisa cepat bicara adalah orang tua harus rajin mengajak anak untuk berkomunikasi. Jadi sejak kecil biasakan untuk mengajak anak berbicara dan berinteraksi dimanapun dan kapanpun. Ketika anak memegang barang apapun maka beritahukan nama barang tersebut. Selain itu, Anda sebagai orang tua juga harus mengenalkan benda yang ada di sekeliling. Dengan seperti itu anak akan cepat mengenal lingkungan sekitar beserta nama-namanya.

2. Berbicara Secara Langsung
Orang tua yang sedang mengajarkan anaknya untuk bisa cepat berbicara maka harus secara langsung. Maksudnya ketika Anda mengajak anak untuk berbicara maka pastikan anak tersebut melihat ekspresi dan gerakan mulut Anda. Cara seperti ini membuat anak bisa lebih mudah untuk meniru apa yang diucapkan oleh orang tua.

3. Mengajak Anak Bermain
Mengajak anak bermain menjadi salah satu cara untuk melatih anak berinteraksi. Bermain juga bisa merangsang otak anak agar lebih aktif dan merangsang tumbuh kembang otak anak. Ajarkan anak dengan memberikan mainan yang bisa mengasah otak diantaranya seperti puzzle, flash card atau benda yang ada gambar dan namanya. Dengan seperti anak akan mendapatkan kosakata yang baru. Namun, tentunya si anak belum bisa membaca tulisan yang ada pada gambar. Jadi orang tua harus menjelaskannya dengan ucapan agar si kecil bisa meniru apa yang diucapkan oleh orang tuanya. Jika si kecil sudah mulai bisa mengucapkannya maka cobalah untuk melatihnya dengan menyuruhnya untuk mengulangi ucapannya lagi hingga lancar dalam melafalkannya.

4. Melatih Bicara Dengan Cara yang Asik
Cara yang satu ini bisa membuat si kecil lebih cepat dalam memahami dan mendengar apa yang orang tuanya ucapkan. Salah satu cara agar si anak bisa bisa lebih cepat dalam merangsang kemampuan berbicaranya adalah dengan membacakannya dongeng atau melatihnya untuk bernyanyi. Anda bisa membacakan dongeng untuk si kecil sebelum tidur atau diwaktu bermainnya sembari menyediakan boneka tangan atau mainan lainnya yang bisa merangsang si anak untuk berbicara.

Tips Agar Anak Cepat Bisa Berbicara5. Menanggapi Ucapan Si Kecil
Jika si kecil mulai mengucapkan kata-kata maka tanggapilah dan jika ucapan tersebut salah maka jangan langsung memarahinya namun perbaikilah. Jika hal tersebut terus Anda lakukan maka si kecil akan lebih cepat mengerti mana pengucapan yang benar.

Selain melatihnya dengan hal-hal yang dapat merangsang si kecil untuk cepat tanggap, Anda juga harus memberikan makanan yang mengandung omega 3, zat besi, kalsium, vitamin A dan C serta protein. Untuk melengkapi kebutuhan gizi anak, Anda juga bisa menambahkannya dengan memberikan susu formula untuk anak dengan kandungan yang sama seperti diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *