Apa Hak dan Kewajiban Suami Istri Dalam Islam

Langkah untuk menciptakan rumah tangga yang sakinah, mawadah, warahmah adalah dengan memenuhi hak dan juga kewajiban kepada pasangannya. Dalam islam hak dan kewajiban telah diatur agar hubungan rumah tangga berjalan dengan baik dan adil. Syariat islam mengharuskan seorang suami untuk memenuhi kewajibannya dengan memberikan apa yang menjadi hak seorang istri begitu juga sebaliknya, seorang istri wajib memenuhi hak suaminya. Bagi Anda yang belum atau ingin lebih mengetahui mengenai hak dan kewajiban suami istri dalam islam, berikut beberapa poin pentingnya.

Apa Hak dan Kewajiban Suami Istri Dalam IslamHak dan Kewajiban Suami Istri Dalam Islam

Berdasarkan pandangan dari Sayyid Sabiq, hak dan kewajiban suami istri dalam syariat islam dibagi menjadi tiga bagian yakni hak dan kewajiban bersama, hak dan kewajiban suami, serta hak dan kewajiban istri. Hak dan kewajiban telah tertulis dalam kitab Al-quran dan juga dalam beberapa hadist.

1. Hak dan kewajiban bersama
Dalam surat An-Nisa ayat 19 diwajibkan atas pasangan suami istri untuk menggauli dengan baik dan patut, memahami dan mengerti akan sifat pasangannya. Surat Ar-Rum ayat 21 menjelaskan bahwa suami dan istri wajib untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dalam rumah tangga. Setiap suami dan istri juga dituntut untuk saling menasehati dalam hal kebaikan dan menciptakan kedamaian dalam berumah tangga. Memutuskan hal penting mengenai rumah tangga secara bersama.

2. Hak dan kewajiban suami
Islam menetapkan bahwa kaum laki-laki adalah sebagai pemimpin bagi kaum perempuan. Dalam hadist riwayat Al-Gazali kewajiban suami atas istrinya ialah membayar mahar dan memberikan nafkah baik secara lahir maupun batin. Memberi istri nafkah semampunya tanpa bersifat kikir. Suami wajib menggauli istrinya dengan baik dan berlaku adil pada setiap istri, jika beristri lebih dari satu. Suami wajib memuliakan seorang istri dengan menyayanginya secara lemah lembut, tidak berlaku kasar, tidak menghina dan juga menjaga kekurangan atau aib istri dari orang lain. Seorang kepala keluarga wajib hukumnya untuk memberikan pendidikan agama kepada istrinya dan memberinya kesempatan untuk belajar ilmu yang bermanfaat baik untuk keluarga, agama, maupun negaranya.

3. Hak dan kewajiban istri
Seorang istri wajib menerima bahwa kedudukan suami setingkat lebih tinggi dengan cara menaati dan mematuhi suami selama bukan perintah maksiat. Apabila suami meminta melakukan hubungan, wajib bagi istri untuk memenuhi permintaan tersebut walaupun istri sedang memiliki banyak pekerjaan. Dalam surat An-Nisa ayat 34 seorang istri hendaknya menjaga kehormatan suaminya saat berada di dekatnya dan saat sedang jauh darinya. Selain menjaga kehormatan suami, istri juga dituntut untuk bisa menjaga harta bersama dan mengelolanya dengan baik. Seorang istri diwajibkan untuk mendahulukan hak suami di atas orang tuanya. Istri harus tinggal di rumah yang disediakan oleh suami dan keluar rumah hanya jika telah mendapatkan izin dari suami. Menurut hadist riwayat Thabrani kewajiban istri lainnya adalah untuk berpenampilan yang baik dan menarik di depan suami dan berpenampilan sopan saat bertemu orang lain. Istri wajib memberikan senyuman kepada suami dan menghindari bermuka masam di depannya.Apa Hak dan Kewajiban Suami Istri Dalam Islam

Demikian beberapa poin penting mengenai hak dan kewajiban suami istri. Jika setiap pasangan memenuhi hak dan kewajibannya masing-masing maka rumah tangga tersebut akan baik dan diridoi Allah. Menghindari berbuat dzalim seperti menelantarkan pasangan dengan tidak memenuhi haknya akan membuat jalinan suami istri lebih erat dan penuh kedamaian. Selain itu kesabaran dan kepedulian menjadi landasan agar hak dan kewajiban masing-masing pasangan dapat terpenuhi dengan baik dan adil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *